iklan

Sabtu, 28 Oktober 2023

Backpacker ke Medan #1

Hallo…

Seperti judulnya, cerita backpackeran kali ini adalah membahas tentang backpackeranku ke Medan. Sejujurnya, Medan tuh ga termasuk ke dalam wishlist tempat yang harus didatengin, tapi karena rezekinya kesana, ya..kan rezeki ga bisa ditolak.

Sebelum cerita soal pengalamanku 3 hari 3 malam di Medan. Sebaiknya aku ceritakan kenapa bisa akhirnya aku ke Medan, padahal itu ga ada di wishlist aku.

Jadi..sejak awal tahun Ririn udah ngajakin backpackeran bareng. Kalau kamu pembaca lama, pasti tahu siapa itu Ririn. Tapi untuk yang baru, Ririn itu salah satu teman backpackeranku. 3 tahun lebih muda dari aku. Pertama kali kenal lewat blog ini, dan langsung memutuskan untuk backpackeran bareng ke Toraja, tahun selanjutnya Labuan Bajo, tahun kemarin Tondano dan Tomohon, nah tahun ini belum, padahal biasanya kami pergi di awal-awal tahun, sekitar bulan Maret.

Kenapa waktu maret ga pergi, karena aku ga tahu Tri nikahnya kapan. Budget backpackeranku tahun ini aku khususkan untuk ke nikahan Tri di Pekanbaru sana, jadi sebelum nikahan dia, aku menolak semua ajakan backpackeran, termasuk Ririn yang akhirnya solo ke Belitung.

Setelah nikahan Tri, kami memutuskan untuk ayok pergi backpackeran bareng lagi. Awalnya udah diputuskan ke Dieng nih. Kan ada Dieng Culture Festival tuh. Kesana kami rencananya, tapi sebelum keberangkatan, temenku yang domisilinya Banjarnegara ngabarin kalau DCF dibatalkan, dan ketika itu tiket ke Surabaya aja nyentuh angka 1,9an juta.

Nyari-nyari tiket lagi, ketemulah ke Medan, tapi via Singapura, harganya Rp 1,7an juta. Aku sih oke-oke aja, toh udah punya passport, aku ngabarin ririn dulu, karena dia ga punya passport. Di okein sama dia, toh masih 2 bulan sebelum keberangkatan ini, keburu pasti bikin passportnya. Nah, dia ngajakin adik sepupunya juga. Adik Sepupunya ini dari Palu (Sulawesi Tengah). Sampai akhirnya kami bertiga ketemu di bandara, pas mau check in ke Singapura.

Di Singapura-nya transit 21 jam, jadi kami nginep di kotanya dulu. Jalan-jalan dulu, kemudian sorenya berangkat ke Medan. Sampai medannya jam 8-an malam. Nanti aku ceritain part sendiri tentang transit 21 jam di Singapura itu.

Here we go…

Sejak awal Ririn udah notice kalau temennya yang bakalan ngejemput kami di Bandara. Dan ngedropin kami langsung ke Parapat, yang jaraknya sebenarnya tidak dekat. Sekitar 4-5 jam dari Kualanamu. Temennya ini bawa temen juga, yang sekaligus tour guide. Jadi secara tidak sengaja, aku akhirnya ikut tour guide di Medan. Pertama kalinya banget nih.

Tengah malam baru nyampe Parapat, langsung nyari hotel dan istirahat. Kami nginep di Pandu Lakeside Hotel Parapat. Nah, di cerita kali ini, aku juga ga bisa kasih rincian harga makanan, dan hotel ya. Temennya Ririn yang bayar semua soalnya. Aku sekamar sama Ririn. Dan cowok-cowok bertiga itu sekamar.

Bangun pagi keesokan harinya, aku langsung keliling hotel, dan baru sadar kalau hotelnya tuh lumayan besar dan rame, ah sama ada menu sarapannya juga. Bisa milih, nasi goreng, mie goreng, roti, dan rasanya enak. Tapi paling juara sih suasananya, menyenangkan sekali.

Pemandangan dari kamar hotel

Foto di halaman hotel

Sekitar jam 11-an, kami check out sekalian mau nyebrang ke Samosir. Tapi sebelum ke Pelabuhannya, kami ke Menara Penatapan dulu. Tapi karena puanasss, kami ga lama disitu, langsung ke Pelabuhan Ferry, nunggu sekitar 1 jam dan menyebrang akhirnya ke Samosir.

Sekali lagi aku minta maaf, aku ga tahu berapa ongkosnya. Tau-tau udah nyampe di Pulau Samosir, dan nyari makan. Agak tricky nih nyari makan di samosir, karena nyari yang halal kan. Temen Ririn dan si tour guide tuh memastikan kami bertiga ga salah makan, jadi rada susah nyari makan. Tapi ketemu-ketemu aja kok, dan sekali lagi, aku tidak tahu harganya berapaan. Seingatku aku makan nila goreng. Udah itu aja. Harganya ga tau seberapaan.

Setelah selesai makan, kami ke Huta Siallagan. Sempat kami lewatin pas nyari makan sih sebenarnya tempat ini. Ini tuh kompleks gitu, agak mirip Kete Kesu. Jadi disini tuh ada rumah bolon yang masih ditempati, ada makan raja, ada rumah pengadilan, bahkan ada ilustrasi kalau di pasung tuh kayak apa.

Tiket masuknya Rp 10.000,- lagi-lagi dibayarin temennya Ririn, namanya Bang Hendrik.  Menurut tour guide kami, selanjutnya akan ku sebut Nathan a.k.a Bonar bilang kalau bagian bawah tuh tempat hewan, nah yang dihukum pasung tuh ada di bagian bawah rumah juga. Dijelasin juga tatacara dulu kalau persidangan tuh kayak gimana. Meski kami mendengarkan ogah-ogahan.

Ah sampai lupa, disini ada patung si Gale-gale juga, tapi aku dan Ririn pengen yang ada 2 patung si Gale-gale-nya, ga Cuma satu. Jadi pindahlah kami ke Tomok.

Benar saja, di Tomok tuh patung si Gale-gale-nya ada 2, dan bisa dipakai untuk atraksi, tapi... harus bayar biaya-nya. Aku lagi-lagi ga tahu persis harganya, tapi kita bisa foto pake Ulos disini. Kalau di Huta Siallagan ga bisa.

Pas ngobrol-ngobrol disini, barulah kami tahu kalau Nathan tuh anak Teknik Pariwisata. Udah pas bangetlah dia jadi tour guide kami. Meski lagi-lagi kami jarang mendengarkan dia.

Selain patung si Gale-Gale, disini juga ada makam Raja Sidabutar, yang merupakan orang pertama di pulau Samosir. Kalau kesini, pakaiannya yang sopan ya, diwajibkan juga pakai Ulos. Disini, ga ada biaya masuk, hanya sumbangan sukarela saja.

Ngomong-ngomong soal Makam Raja Sidabutar tuh, aku merasa similar sama Waruga yang ada di Tomohon. Makam juga dari Batu. Kebetulan aku kesana sama Ririn juga. Tapi.. Waruga sepertinya tidak selama Makam Raja Sidabutar.

Setelah dari Makam Raja Sidabutar, kami rencananya mau ke Bukit Holbung.. Ini bukit yang muncul di Film Ngeri-ngeri sedap. Tapi mohon maaf sebelumnya, aku ga nonton film itu. Ririn yang nonton. Tapi sayaangggg sekali, hujan turun, dan kami kayaknya ga bakalan sempat ke Bukit Holbungnya karena keburu malam.

Akhirnya kami memutuskan untuk nyari penginapan aja, besok pagi baru ke Bukit Holbung. Penginapan kami direkomendasikan oleh tour guide kami. Hotelnya bagus, tapi entah karena weekday, jadi hanya kami berlima penghuni-nya. Mana di jalan kami ngobrolinnya horror pula. Lengkap sudah.

Kami baru keluar lagi untuk nyari makan malam. Menu-nya  mie gomak. Nah, kalau ini aku sempat lihat harganya. Mie Gomak Rp 10.000,- kalau yang goreng Rp 20.000,-. Porsinya jauh lebih banyak yang goreng sih. Aku sampai ga sanggup ngunyah lagi saking lumayan banyaknya isi mie gomak itu.

Abis makan, kami langsung pulang ke penginapan. Udara di samosir tuh lumayan sejuk, habis hujan, untung penginapan kami tuh dekat sama gunung belerang. Katanya ada tempat uap-nya. Tapi kami semua keburu lelah dan males untuk ke tempat uap-nya yang berada di depan danau Toba. Pas di bagian bawah hotel.