iklan

Rabu, 22 November 2023

Backpacker ke Pinang #1

Baiklah.. akan ku ceritakan tentang backpackeranku ke Malaysia dan Pinang. Setelah dari Medan, aku melanjutkan perjalanan ke Malaysia. Karena berangkatnya malam, nyampe KLIA-nya udah tengah malam, langsung nyari bus ke KL sentral.

Apa aku nyasar dan kebingungan? Tentu saja kawan.. aku via bus ke KL Sentral itu di 2016, dan waktu itu masih pagi. Masih enak nyarinya. Ini tengah malam 7 tahun kemudian, disaat badan udah butuh banget istirahat.

Setelah nanya, akhirnya ketemu terminal bus ke KL sentralnya ternyata beda gedung, pantesan aja aku bolak balik naik lantai, ga ketemu-ketemu stasiunnya. Diingetanku itu terminal bus-nya tuh lantai dasar KLIA. Karena seingatku, aku sempat nanya ke satpam disuruh turun ke lantai bawah, pas aku dari KL sentral ke bandara via bus juga naik dari lantai dasar. Itu tok, ternyata beda gedung, pantesan ga ketemu-ketemu.

Entah ya ingatanku yang salah karena udah terlalu lama, atau memang sejak dulu ada gedung lain buat naik bus, atau bisa jadi juga gedung itu baru. Entahlah, aku capek dan butuh tidur.

Udah nih, naik bus ke KLIA. Aku dan Ririn ngambil hotel yang Mei kemarin aku inepin, dengan asumsi aku udah lebih tahu jalan kesananya dari KLIA. Nyatanya? Ya nyasar tentu saja di dalam KLIA sentral karena aku bingung gimana keluarnya, dan akhirnya memutuskan naik taksi aja. Aku udah terlalu capek untuk berhemat. Bodo amat dimintai 15RM. Ini aja udah nawar karena aku tahu jaraknya tidak begitu jauh.

Begitu dianterin ke hotelnya langsung proses check in, bayar pajak turis. Ku pikir pajak turis-nya tuh ngitung per orang, ternyata ngitung per kamar. Jadi sekamar tuh 10RM.

Setelah bersih-bersih kami langsung tidur. Jam 9-an besok paginya pas udah siap, langsung check out biar ga bolak-balik. Toh kami rencana utamanya emang ke Pinang. Di Kuala Lumpur-nya cuma pengen ngelihat petronas sama ke Batu Caves aja.

Nah tujuannya batu caves sama petronas kan, tapi ya masa bawa-bawa backpacker sih. Agak ribet ya wak. Ada hikmahnya juga tuh kami semalam nyasar-nyasar di dalam KL central jadi bisa tahu letak locker.

Lockernya tuh tersedia dalam 3 ukuran, ada yang kecil, sedang dan besar. Nah karena kami berdua, dua2nya bawa ransel, juga 1 tas tambahan lagi, totalnya empat tas kan tuh, jadi kami ngambil yang ukuran sedang. Harganya 30RM. Konsepnya sekali pake ya, jadi nanti kalau udah kekunci, Cuma sekali dibuka aja. Ga berkali-kali, jadi pastiin semua udah masuk dalam dan ga ada barang yang perlu diambil sebelum nutup lockernya.

Ada petunjuk masukin nomer hp. Aku masukin nomer Indonesia-ku, dan berhasil. Sama harus hafal warna yang dipilih sebagai kode ya. Karena nanti ga ada petunjuk apa-apa atau kertas struknya. Jadi harap diingat baik-baik kalau mau pake locker ya.

Locker udah aman, waktunya cari sarapan. Kami makan di foodcourt. Aku lupa makan apa, tapi ayam gitu, seharga 11RM. Semoga aku sempat foto makanannya. Kalau ada, aku dropin.

Selesai sarapan, langsung cabs ke Batu Caves. Aku udah mikir nih, ga perlu lagi ngeluarin duit karena kemarin pas ke Malaysia juga udah beli kartu komuter dan sempat di top up 10RM. Ternyata sudah tidak lagi pake kartu itu, pake kertas yang ada barcode-nya. Kartuku malah disuruh buang aja sama petugasnya.

Ajaibnya aku nih udah 3 kali ke batu caves, dan tiga-tiganya caranya beda. Pertama pake coin biru itu, terus pake kartu dan terakhir pake barcode. Lain kali kalo ada system baru lagi, kayaknya aku ga usah top up top up segala deh. Padahal itu kartu komuter tuh baru bulan Mei kemarin, eh udah ganti aja system-nya. 2 kartuku udah ga berfungsi berarti, kemarin di Singapura, sekarang di Malaysia.

Ah maafkan aku yang ngedumel, sampe lupa bilang kalau biaya ke Batu caves-nya 2,60RM sekali jalan. Pastiin punya banyak uang kecil ya selama di Kuala Lumpur. Amat sangat berguna pokoknya. Nanti kalau balik lagi dari batu caves, beli tiket barcode lagi. Harganya sama.

Begitu nyampe batu caves yang aku lihat adalah manusiaaaaaa. Buanyaaakkk banget orang. Sepertinya ada acara, dan suasananya rada mendung. Jadi rada males juga mau nyeting tripod jadinya. Sekedarnya aja, yang penting punya foto. Menurutku kayaknya paling enak ke batu caves tuh sore menjelang magrib gitu deh. Suasananya lebih enak dan cahaya-nya bagus banget.

Setelah dari batu caves kami kembali ke KL sentral, terus tujuannya ke Pasar Seni. Di pasar seni kami hanya melihat-lihat saja, soalnya puanaaasss banget. asli. Ah iya, biaya dari KL sentral ke Pasar Seni adalah 1,30RM.

Dari pasar seni ke KLCC dengan biaya 2RM. Nah tujuannya tentu saja untuk lihat Petronas. Disini juga ga lama karena, ya panas ya wak. Asli panas. Makanya begitu selesai aku langsung nyari milo dingin. Enak banget sumpah. Kenapa ya Milo di Malaysia enak banget. Harganya lumayan 4,70RM karena aku ngambil yang dairy free, bukan yang biasa.

Dari KLCC balik ke KL sentral dulu, terus ke bukit bintang. Dari KLCC ke KL sentral 2,40RM dari KL sentral ke bukit bintang 2,90RM. Tapi jujur, kami berdua bingung pas nyampe di bukit bintang. Ini kami berdua ngapain ya disini. Bukit bintang ini kayaknya daerah yang rame mulai sore mendekati malam, sedangkan kami kesananya masih siang. Juga karena kami tidak niat belanja.

Selama ini aku kalau ke Malaysia juga ga pernah ke bukit bintang, aku ga gitu tahu disana mau apa. Nanti deh kalau aku ada rezeki lagi, bakalan ku explore bukit bintang itu ada apa aja sampai jadi salah satu tujuan favorit.

Abis dari bukit bintang, kembali lagi ke KL sentral, karena semua tujuan di Malaysia udah didatengin, kami berniat ke Pinang via bus. Tapi kami makan dulu, di foodcourt lagi kayak tadi pagi, tapi pindah stand. Aku makan nasi telur seharga 6,90RM. Lumayan ya wak kalau dirupiahkan.

Setelah kenyang, ngambil tas di locker dan langsung menuju ke Bandar Tasik Selatan. Mulus? Tentu saja tidak. Nyasar-nyasar dulu kawan, padahal udah naik kereta ya, tetap aja salah. Makin bikin capek jadinya.

Dari KL sentral ke BTS tuh 3,90RM. Nyebrang ke terminal bersepadu selatan, ngantri beli tiket dengan tujuan sungai nibong. Ga ngambil butterwoth ya, karena nanti harus nyebrang lagi. Ini ditanyain petugasnya biasanya, mau tujuan kemana, kalau Pinang, ditanyain sungai nibong atau butterwoth.

Oh iya, kalau kamu pembaca lama, pasti tahu kalau aku pernah ke Pinang juga tapi via Melaka dan baliknya pake kereta cepat. Sekarang nyobain dari TBS pake bus ke Pinang. Biayanya 35,40RM.

Karena banyak nyasar di kereta ke Bandar tasik selatan, akhirnya ke Pinangnya udah malam, nyampenya tengah malam. Jadi di jalan kami tidur aja.  Nyampe di stasiun sungai nibong langsung pesan taksi online menuju hotel yang kami booking di bus.

19.51 berangkat menuju Pinang

Jam 00.34 baru nyampe sungai nibong

Sedikit saran, jangan pernah booking hostel di waktu-waktu injured time. Asli. Nyesel pasti. Kayak kami, nyari hostel di waktu-waktu mepet, jadi ga ngecek kalau hostelnya tuh konsepnya self check in, dan sialnya kami nyampe tengah malam kan. Udah ga dapet pin pintu masuk-nya, dan tentu nomernya ga bisa ditelpon. Karena emang ga disuruh telpon kan. Ditambah semalam kami tidurnya juga kurang, makin nambah kekesalan.

Hostel self check in itu mengharuskan ngasih kabar sehari sebelum check in, biar diinfokan pin pintu masuknya serta pin kamar. Kalau hotel yang ada petugasnya kan enak, mau nyampe subuh terus langsung check in juga bisa selama ada kode bookingnya. Ini ga ada.

Alhasil kami jadi harus nyari hotel lain tengah malam, ditengah hujan. Tidak mungkin kami menunggu pagi disitu, karena kami udah tidak tidur dengan benat sejak malam sebelumnya, seharian jalan, jelas badan ini butuh diistirahatkan. Untungnya aku bawa payung jadi ga perlu nunggu hujan reda dulu. Dan untungnya Pinang tuh aman. Bayangin aja ada dua cewek lagi jalan di tengah malam di jalanan-jalanan yang sepi. Amat sangat tidak untuk dicontoh ya.

Akhirnya kami ketemu hotel yang ada kamar dorm-nya jam 2 pagi.

. Harganya 30RM/org. Meskipun hotelnya tuh rada kurang. Tapi karena kami benar-benar lelah, capek, udah males nyari, akhirnya kami ngambil dorm itu. Untung hanya kami berdua saja isi dorm itu.

Kami tidak punya waktu untuk protes kamar mandinya bau pesing, ada pintu konektor ke gudang, ga ada air hangatnya. Ah, kami butuh banget istirahat daripada komplen.

Setelah beberes sebentar, kami langsung tidur. Kami udah booking hotel lain untuk 2 hari kedepan. Jadi hostel berikutnya aman. Cukup malam ini saja.