iklan

Sabtu, 21 September 2024

Backpacker ke Ambon #1

 


Hallo semua...

Sudah lama sekali ya sejak tulisan terakhirku. Kayaknya udah satu tahunan. Maafkan aku. Aku bahkan belum menyelesaikan part tentang backpackeran aku yang ke Medan. Sisa soal budgetnya sih, tapi entar ya, kalau aku ingat dan aku ga mager akan ku tulis soal budget itu.

Sekarang aku mau ngebahas soal backpackeran aku yang terakhir. Yang barusan banget terjadi di akhir Agustus 2024.

Tujuannya utamanya sih ke Banda Neira. Tapi karena sesuai urutannya, kita bahas soal cerita backpackeran aku ke Ambon dulu ya, sesuai judulnya.

Backpackeran kali ini banyak banget drama-nya, tapi juga backpacker yang punya banyak cerita karena ada banyak hal-hal baru aku alami di backpacker kali ini. Aku sampe ngerasa perjalanan kali ini ga bakalan jadi, eh ternyata jadi. Seru pula.

Mari kita mulai ceritanya...

Pertama dan yang paling utama, akhirnya aku berhasil backpackeran pake transportasi kapal. Terima kasih banyak kepada harga tiket pesawat yang ga kunjung turun, juga karena ke Banda Neira emang agak susah kalau pake pesawat, lebih mendukung pake kapal. Maka pengalaman naik kapal itu akhirnya kurasakan juga. Tinggal naik gunung nih yang belum, bromo tidak di hitung ya.

Oke... kita mundur sebentar dulu, sebelum cerita perjalananku. Mari kita mulai dari yang paling dasar dulu, yaitu izin ke Bapak Ibu.

Biasanya izin ke bapak ibu tuh agak mudah. Sekedar bilang aku mau kemana, berapa hari, kadang di tanyain sih sama siapa. Tapi seringnya ga. Karena aku emang sering pergi sendiri juga kan. Jadi mereka ga terlalu khawatir soal itu.

Nah pas bilang tujuannya Banda Neira. Pertanyaan pertama yang bapak tanya adalah, dimana tempatnya itu. Diantara semua tujuan backpackeranku, Banda Neira ini yang paling asing di telinga Bapakku kayaknya. Pas bilang di Maluku, alis bapak kek berkerut. Akhirnya aku bilang Ambon. Kayaknya kalau ingat aku belum tiket. Izin itu kayaknya ga bakalan diberikan.

Udah nih ya, abis bilang di Ambon. Ibu nyeletuk “Masuk-masuk hutan bukan?” pengen ku jawab. “Bu, aku pas ke Banjarmasin, malah emang masuk ke dalam hutan, kenapa diizinkan, yang ini malah ditanyain. Ini pulau loh. Ga mugkin aku masuk hutan” Tapi mengingat izin itu sangat penting, jadi jawabannya harus aman. Yang akhirnya terucap adalah. “Aman,bu. Pulau kok”

Dilanjut ibu lagi “Bukan yang daerah konflik itu?”

Kali ini kayaknya kekhawatiran mereka udah berlebihan. Aku loh ga ke Papua Pegunungan. Tapi demi izin itu akhirnya aku bilang “Yaallah, perang apa coba. Aku mau lihat lumba-lumba bukan perang”

Setelah itu pertanyaan normal, perginya kapan dan selama berapa hari. Aman, izin udah keluar kalo udah gitu.

Drama selanjutnya adalah tiket pesawat. Sebenarnya drama tiket pesawat ini udah dari awal. Tapi izin ibu bapak adalah hal yang utama. Percuma udah beli tiket terus ga diizinin pergi, ya mau ga mau kudu refund. Kek Vietnam di pertengahan tahun. Sad.

Oke lanjut.

Sudahkah aku bilang kalau backpackeran kali ini, aku sama Ririn lagi? Kalau belum, harus kuceritakan kalau kali ini Ririn yang ngurusin semua hal, mulai dari tiket pesawat dan tiket kapal. Aku tinggal iya iya aja.

Hal pertama yang harus diamankan adalah tiket pesawat kan. Maka ketika kami (Ririn lebih tepatnya) nemu pesawat baru yang melayani rute manado-ambon dengan harga dibawah sejuta (saat tiket pesawat maskapai lain ga mungkin di bawah 2 juta) ya itu kayak beruntung banget ga sih. Jadi mikirnya beli pas sebulan sebelum berangkat aja.

Beli lah nih tiketnya. Lihat harga paling murah kan. Tiba-tiba dong, rute Manado-Ambon itu dihilangkan. Tapi rencana ke Banda Neira ini udah dibicarakan dah mau setahun. Masa’ batal sih. Ubek-ubek, ada maskapai yang sama melayani rute Manado-Sorong. Masih dengan harga dibawah sejuta. Oke beli itu. Ntar nyebrang ke Ambon. Ambon terus banda. Beli tanggal 27 Agustus baliknya tanggal 3. Tiket PP udah di tangan, tinggal tiket kapal. Rencana yang sempurna.

Disinilah kesalahan kami saudara-saudara. Kami tidak pernah mempertimbangkan bahwa hal yang wajib dan kudu diperhatikan ketika ke Banda Neira, adalah masalah kapal. Kapan kami sampai Ambon-nya, dan kapan kapal berangkat ke Banda-nya.

Setelah Ririn penuh usaha (masuk grup info kapal, nanya-nanya temennya yang di Ambon, mantengin jadwal kapal. Sementara aku yang tidak melakukan apa-apa, karena emang ga punya informasi apa-apa juga ,pokoknya ikut-ikut aja. Maafkan aku, lain kali aku akan lebih aktif nyari info), akhirnya kami dapat jadwal kapal dari Sorong ke Ambon, dan dari Ambon-Banda Neira PP.

Tapi waktu awalnya direncanain seminggu kan. Harus nambah lagi, ga mungkin waktunya Cuma seminggu. Dan kami sama-sama ga pengen balik di bulan September. Jadi Tiket yang tanggal 27 Agustus dibatalkan. Pindah ke tanggal 22. Dihari yang sama langsung naik kapal menuju Ambon. 22 jam. Oke baiklah.

Nah ternyata dari Ambon ke Banda-nya baru ada tanggal 26 Sore, nyampe Banda 27 Pagi, dan kapal baliknya 29 malam. 30 nyampe Ambon, berarti kami harus balik ke Manado di tanggal 31. Masih agustus, aman. Kalaupun akhirnya kami ketemu kapal cepat sebelum itu atau pesawat, kami bisa pulang lebih awal. Atau paling tidak tidak di bulan September. Rencana sempurna part 2.

Reschedule-lah si tanggal 27 ini pindah ke tanggal 22. Dari Transnusa pindah ke Lion, karena jauh lebih murah. Meski ujung-ujungnya nambah juga sih. Dikit tapi.

Nah, udah ya aman udah semua. Masalahnya adalah, gimana bilang ke Ibu Bapak kalau aku liburannya dimajuin. Mana pas izin pertama agak alot ya wak. Takut ga dibolehin, asli. Tapi akhirnya diizinin juga sih.

Drama-nya udah selesai? Jangan sedih kawan. Masih ada lagi.

Di tanggal 20 malam. Ririn ngasih kabar kalau dia dapat notif dari Lion, yang mana jadwal penerbangan kami di pindah ke tanggal 23. Tanggal 22 ga ada penerbangan Lion sama sekali ke Sorong. Mampus.

Aku asli udah mikir, buset banyak banget halangannya. Apa ga jadi pergi aja kali ya. Tapi udah lusa banget nih. Udah dapat izin pula, sayang kalau ga dipake. Pada akhirnya, kami refund tiket kami yang Lion itu, dan beli tiket baru Transnusa. Harusnya dari awal ya, reschedule tetap maskapai yang sama. Ini nih, gegara nyari yang lebih murah. Haha. Eh tapi namanya juga backpacker ya wak.

Akhirnya.. di pagi hari yang cerah di tanggal 22. Aku dan Ririn akhirnya ketemu di Bandara Sam Ratulangi, untuk sama-sama terbang ke Sorong. Kota pertamaku di pulau Papua.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar